26 April 2022

Tetap Hidup Sehat, Ini Olahraga Yang Tepat Saat Berpuasa

Halo, Sobat Imboost! Sebentar lagi sudah masuk bulan Ramadan, ya. Sudah waktunya Anda sebagai orang muslim, wajib menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Agar tubuh tidak lemas dan daya tahan tubuh terjaga, Anda tetap perlu mempertahankan pola hidup sehat seperti berolahraga dan juga mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem imun.

Salah satu suplemen terbaik dalam menjaga daya tahan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh adalah Imboost. Terbuat dari bahan alam yang aman untuk tubuh seperti Echinacea purpurea maupun buah Black Elderberry dan diperkaya dengan mineral Zinc Picolinate, Anda bisa mengonsumsi dalam bentuk tablet dan effervescent. Kemudian untuk anak-anak, mereka bisa mengonsumsi imboost dalam bentuk sirup maupun tablet kunyah. 

Setelah memilih suplemen yang baik untuk tubuh, Anda harus tetap mempertahankan pola hidup sehat yaitu berolahraga. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika olahraga saat berpuasa adalah pemilihan waktu. Para ahli kesehatan menyarankan waktu yang tepat berolahraga saat berpuasa adalah sebagai berikut:

  • Setelah berbuka puasa.
  • Sebelum berbuka puasa.
  • Setelah sahur.

Waktu-waktu di atas adalah waktu yang tepat untuk berolahraga karena setelah sahur atau berbuka puasa, tubuh lebih memiliki energi untuk beraktivitas berat. Sementara itu, olahraga sebelum berbuka puasa pun juga diperbolehkan karena setelah berolahraga dan kehabisan energi, Anda bisa langsung mengonsumsi makanan sesaat setelah berbuka.

Lantas, olahraga apa saja yang cocok dilakukan saat berpuasa? Agar tidak bingung, berikut daftar pilihan yang tepat untuk Anda:

Jalan Santai

Satu atau dua jam setelah sahur atau sebelum berbuka puasa, Anda bisa langsung melakukan olahraga seperti jalan santai. Anda bisa memilih melakukan jalan santai mengelilingi kompleks rumah atau berjalan di atas treadmill. Manfaat hidup sehat dengan berjalan santai adalah menjaga kesehatan jantung dan juga paru-paru. Tidak hanya itu, otot serta tulang akan semakin kuat dan lemak di dalam tubuh bisa berkurang.

Bersepeda

Olahraga berikutnya yang bisa Anda lakukan di pagi atau sore hari saat berpuasa adalah bersepeda. Manfaat pola hidup sehat dengan bersepeda adalah bisa mengencangkan otot-otot tubuh, menyehatkan jantung dan paru-paru, serta mencegah tubuh lemas saat berpuasa.

Yoga

Anda suka berolahraga di dalam ruangan? Yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memilih video yoga untuk pemula yang ada di dunia maya lalu bergerak sesuai arahan instruktur tersebut. Yoga selain baik untuk kesehatan mental, ia baik juga untuk menjaga kesehatan jantung, meredakan sakit punggung, mengatasi insomnia, dan sebagainya.

Joging

Meski sekilas terdengar mirip, jalan santai dan joging tidak bisa disamakan lho, Sobat Imboost. Mereka memiliki perbedaan di mana joging atau lari pelan itu punya ritme lebih cepat ketimbang jalan santai. Manfaat joging dalam hidup sehat selama bulan Ramadan antara lain menguatkan tulang dan otot, menjaga kesehatan paruparu dan jantung, dan juga menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat.

Plank

Olahraga ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka berada di dalam rumah saat berpuasa. Plank memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, seperti meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh, mengencangkan otot perut, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk Anda yang tidak pernah melakukan plank, lakukan secara bertahap setiap hari mulai dari 5 detik per set, lalu seminggu kemudian naik ke 10 detik per set, dan terus tambahkan durasi sesuai kekuatan Anda dalam menopang tubuh.

Itulah ke-5 jenis olahraga dan juga rekomendasi waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan. Ingat bahwa meski berpuasa, Anda tetap harus mempertahankan pola hidup sehat agar tubuh tidak lemas dan sistem imun tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makan makanan sehat serta minum cukup air putih saat sahur dan berbuka.

BAGIKAN ARTIKEL INI KE