16 February 2024

Peningkatan Kekebalan: Mengapa Echinacea dan Vitamin C Adalah Pasangan Ideal

Zaman sekarang kita tentu masing-masing memiliki aktivitas padat. Ada yang bekerja, kuliah, bersekolah, dan melakukan rutinitas harian lainnya. Di tengah aktivitas padat itu tentu kita harus menjaga kekebalan tubuh kita agar tidak mudah sakit. Sebab jika sudah sakit, sudah tentu aktivitas harian akan terganggu, dan itu merepotkan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pokoknya jangan tunggu sakit. Maka, untuk mengimbangi aktivitas padat kita harus menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari sakit.

 

Cara menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan teratur, berolahraga dengan rutin, beristirahat atau tidur yang cukup, serta mengonsumsi[1]  berbagai vitamin atau suplemen tambahan.

 

Dua kandungan suplemen yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh adalah Echinacea dan Vitamin C. Kenapa? Karena keduanya adalah pasangan ideal yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Manfaat Echinacea dan Vitamin C untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman Echinacea memiliki kemampuan meningkatkan fungsi, jumlah sel-sel imun tubuh, dan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Echinacea, yang juga dikenal sebagai Coneflower ungu, merupakan salah satu tumbuhan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Masyarakat asli Amerika (Indian) telah menggunakan tanaman ini selama berabad-abad sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit.

 

Saat ini, Echinacea terkenal sebagai obat herbal yang dapat dibeli secara bebas untuk mengatasi flu biasa atau influenza. Namun, manfaatnya tidak hanya terbatas pada pengobatan flu, tetapi juga melibatkan penanganan nyeri, peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masalah kesehatan lainnya.

 

Echinacea mengandung berbagai senyawa aktif yang luar biasa, seperti Asam Caffeic, Alkamides, Asam [2] Chicoric, Asam Rosmarinic, Polisakarida, dan sejumlah senyawa lainnya.

 

Selain itu, penelitian telah menghubungkan Echinacea dan komponennya dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Sementara itu Vitamin C, yang juga disebut sebagai Asam L-Askorbat, adalah jenis vitamin yang dapat larut dalam air dan secara alami terdapat dalam beberapa makanan. Selain itu, Vitamin C juga ditambahkan ke beberapa makanan dan dapat ditemukan sebagai suplemen makanan. Berbeda dengan kebanyakan hewan, manusia tidak mampu mensintesis Vitamin C secara endogen, sehingga Vitamin C menjadi komponen makanan yang sangat penting.

 

Sudah sejak lama banyak studi menemukan bahwa Vitamin C bermanfaat penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, hingga flu.

 

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi[3]  Vitamin C secara rutin dalam jumlah 1 hingga 2 gram per hari dapat mengurangi durasi flu, yakni sekitar 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak, serta mengurangi tingkat keparahan flu. Penggunaan suplemen ini juga dapat menurunkan insidensi pilek hingga 50%[4] .

 

Buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi sumber terbaik Vitamin C. Jeruk, tomat, jus tomat, dan kentang adalah beberapa di antara makanan yang secara signifikan memberikan asupan vitamin C bagi banyak orang. Selain itu, sumber makanan yang baik lainnya meliputi paprika merah dan hijau, kiwi, brokoli, stroberi, kubis Brussel, dan melon.

 

Mengapa Echinacea dan Vitamin C adalah Pasangan Ideal untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti dijelaskan di atas, Echinacea mampu membooster fungsi dan jumlah sel-sel imun. Sedangkan, [5] Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang melimpah yang dapat menangkal radikal bebas. Maka, kombinasi dari Echinacea dan Vitamin C adalah pasangan ideal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Selain memperolehnya dari makanan, kita sekarang bisa mencukupi asupan Echinacea dan Vitamin C dengan mudah, yaitu dengan mengonsumsi[6]  Imboost, Suplemen Daya Tahan Tubuh No 1 di Indonesia*.

Imboost dapat bantu jaga daya tahan tubuh dengan kandungan aktifnya yakni Echinacea dan Vitamin C. Maka, di tengah aktivitas padat, minumlah Imboost sebagai suplemen tambahan. Jangan tunggu sakit! Jaga kesehatan mulai sekarang dengan mengonsumsi[7]  Imboost secara rutin.

 

Imboost bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko, apotek, atau e-commerce kesayangan. Selain itu, Imboost sebagai suplemen nomor 1 Indonesia juga bisa didapatkan di Imboost Official Store.

 

Sumber: *Imboost Suplemen Daya Tahan Tubuh No 1 di Indonesia berdasarkan data IQVIA MAT Aug 2020 - 2023

 

  1. Rondanelli M, Miccono A, Lamburghini S, et al. “Self-Care for Common Colds: The Pivotal Role of Vitamin D, Vitamin C, Zinc, and Echinacea in Three Main Immune Interactive Clusters (Physical Barriers, Innate and Adaptive Immunity) Involved during an Episode of Common Colds-Practical Advice on Dosages and on the Time to Take These Nutrients/Botanicals in order to Prevent or Treat Common Colds.” Evid Based Complement Alternat Med. 2018;2018:5813095. Published 2018 Apr 29. doi:10.1155/2018/5813095. Diakses pada 12 November 2023, pukul 08:00 WIB.

Senica M et al. Which Plant Part of Purple Coneflower (Echinacea purpurea (L.) Moench) Should be Used for Tea and Which for Tincture? J Med Food. 2018;00(0):1–7 Manayi A et al. Echinacea purpurea: Pharmacology, phytochemistry and analysis methods. Pharmacognosy Reviews. January-June 2015; 9(17).[8]  Vitamin C: Fact Sheet for Health Professional. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/. Diakses pada 12 November 2023, pukul 09:00 WIB.

BAGIKAN ARTIKEL INI KE