16 February 2024

Musim Hujan Rentan Kena Sakit, Yuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Saat musim hujan, tubuh rentan kena sakit karena meningkatnya paparan infeksi dan penyakit akibat bertambahnya kelembaban udara dan menurunnya kekebalan tubuh. Udara yang menjadi lebih dingin juga bisa menyebabkan gangguan kondisi kesehatan. Dan faktanya, banyak virus dan bakteri berkembang biak dan menyebabkan infeksi sepanjang musim ini. Karenanya, tubuh memerlukan perlindungan ekstra untuk bantu jaga daya tahan tubuh.

 

Beberapa penyakit yang umum terjadi saat musim hujan di negara tropis seperti Indonesia, diantaranya adalah pilek dan batuk, demam berdarah, demam tifus, dan diare.  Selain itu, musim hujan juga meningkatkan risiko penularan penyakit akibat cuaca yang memaksa kita untuk berkumpul dalam ruangan, sehingga memberi kesempatan bagi virus untuk menginfeksi lebih banyak orang yang melakukan kontak dekat.

Selain itu, saat Anda basah akibat terkena air hujan, suhu tubuh akan menurun. Riset menemukan, menurunkan suhu tubuh juga membuat turunnya respons imun. Akibatnya, Anda jadi lebih rentan terkena virus penyebab penyakit.

 

Cara Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Bagi Anda yang masih harus melakukan aktivitas padat saat musim hujan, tentu butuh perlindungan ekstra. Bantu jaga daya tahan tubuh dengan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Makanan Sehat

Salah satu cara paling efektif untuk memastikan sistem kekebalan tubuh tetap bisa bekerja secara maksimal di saat musim hujan adalah dengan mengonsumsi[1]  makanan bernutrisi. Makanan sehat bisa mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Pilih menu dengan diet seimbang, dan pastikan Anda mendapatkan asupan protein, karbohidrat, dan lemak serta vitamin dan mineral yang mencukupi. Usahakan selalu mengonsumsi makanan hangat, ya!

2. Jaga Tubuh Selalu Hangat dan Kering

Mengingat suhu dingin bisa melemahkan sistem imun, jadi pastikan suhu tubuh selalu terjaga. Selain itu, jika Anda terkena hujan, pastikan segera mengeringkan tubuh dan berganti pakaian secepat mungkin. Selalu gunakan pakaian pelindung saat harus keluar rumah saat hujan.

3. Cukup Minum

Hidrasi yang cukup membantu tubuh mengatasi dan mencegah flu dan demam. Selain itu, air putih juga bantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Sebaiknya minum minuman hangat karena terbukti efektif membuat tubuh lebih terjaga. Anda juga bisa mengonsumsi jus atau makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan mangga.

4. Banyak Bergerak dan Tidur Nyenyak

Walau sedang musim hujan, Anda harus memastikan tubuh tetap aktif bergerak. Lakukan olahraga ringan di dalam ruangan secara rutin. Rutin berolahraga bisa bantu meningkatkan sel pembunuh alami dalam tubuh yang bisa melawan virus dan bakteri yang masuk.

 

Selain itu, pastikan Anda juga bisa tidur nyenyak secara mencukupi setiap malam. Kurang tidur membuat tubuh rentan terhadap infeksi. Untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, tidurlah tidak kurang dari tujuh jam setiap malam.

5. Mengonsumsi Suplemen

Ketika risiko penyakit dan infeksi meningkat di musim hujan, konsumsi suplemen yang bisa memastikan daya tahan tubuh terjaga, seperti Imboost Extra Vitamin C dan D3 yang bermanfaat memelihara kesehatan.

 

Suplemen nomor 1 Indonesia ini memiliki kandungan vitamin C, D3, Zinc, dan Echinacea Purpurea yang sangat bermanfaat untuk bantu jaga daya tahan tubuh Anda dan kesehatan secara keseluruhan.

Anda dapat mengkonsumsi Imboost Extra Vitamin C dan D3 1 tablet per hari selama 8 minggu. Kemudian berikan jeda konsumsi selama 2 minggu, lalu konsumsi kembali dengan aturan yang sama, agar Anda dapat manfaat maksimal.

Dapatkan Imboost Extra Vitamin C dan D3 di berbagai apotik, supermarket, atau official store Imboost di marketplace dan e-commerce favorit. Hanya Rp 40 ribuan saja, lho!

Sumber: 

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20170213/4519689/4-tips-tetap-sehat-musim-hujan/   [1] 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI KE