16 February 2024

Mengetahui Bagaimana Vitamin K2 dan Magnesium Bekerja Bersama-sama untuk Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Di zaman sekarang banyak orang peduli dengan kesehatan tulang sehingga banyak yang mengonsumsi[1]  suplemen kalsium. Namun, belum banyak orang tahu bahwa selain kalsium tubuh juga memerlukan Vitamin K2, Magnesium, dan vitamin D3.

 

Studi terbaru menemukan bahwa Vitamin K2 dan Magnesium bekerja sama optimalkan penyerapan kalsium. Hasilnya kita akan memiliki tulang kuat, dan terhindar dari penyakit seperti osteoporosis.

 

Suplementasi vitamin K2 sangat menjanjikan untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Vitamin K2 menjaga kalsium tetap bergerak ke seluruh tubuh dan membantu penyimpanan kalsium ke dalam massa tulang, bukan ke pembuluh darah arteri[2]  yang dapat menyebabkan penyumbatan. Beberapa studi juga menunjukkan potensi peran Magnesium untuk perlindungan pada rangka atau tulang.

 

Dengan mengkombinasikan kalsium, Vitamin K2, Vitamin D3, serta magnesium, kita ibarat berinvestasi jangka panjang untuk menjaga kesehatan tulang kita serta menghindarkan diri dari penyakit seperti osteoporosis, atau bahkan penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah. Yuk, berinvestasi mulai sekarang agar kita bisa sehat hingga hari tua.

 

Vitamin K2 dan Magnesium Bekerja Sama Meningkatkan Penyerapan Kalsium

 

Vitamin K2 berkontribusi mengatur fungsi osteocalcin (OC). Osteocalcin adalah protein non-kolagen tulang utama yang berfungsi meningkatkan kualitas tulang. Secara khusus, Vitamin K2 meningkatkan karboksilasi gamma OC dengan kemanjuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis Vitamin K lainnya (Vitamin K1 dan K3).

 

Sementara itu, Magnesium adalah salah satu elemen tubuh yang paling penting, ia memiliki massa 50-60% dalam jaringan tulang, dan 1% dalam kompartemen ekstraseluler. Sepertiga dari magnesium kerangka berada di tulang kortikal, baik pada permukaan hidroksiapatit atau pada area di sekitar struktur kristal.

 

Kekurangan magnesium dapat mempengaruhi tulang secara langsung (dengan mengurangi kekakuan tulang, meningkatkan osteoklas dan menurunkan osteoblas) dan secara tidak langsung meningkatkan peradangan/stres oksidatif dan selanjutnya pengeroposan tulang.

 

Pola makan modern kita umumnya tinggi kalsium, yang sangat penting untuk membangun kembali tulang. Vitamin K2, bekerja sama dengan magnesium dan vitamin D3 memastikan kalsium ini digunakan secara efektif di dalam tubuh.

 

Magnesium dan vitamin D3 diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium, sedangkan vitamin K2 memastikan kalsium disimpan dengan benar di tempat yang dibutuhkan, di tulang dan bukan di arteri.

 

Sampai di sini harusnya kita sudah paham, ya, pentingnya peran Vitamin K2 dan Magnesium yang bekerja sama meningkatkan penyerapan kalsium sehingga tepat sasaran ke tulang kita, dan tidak menumpuk di arteri.

 

Lakukan Langkah Tepat untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Setelah mengetahui bahwa Vitamin K2 dan Magnesium bekerja sama meningkatkan penyerapan kalsium, kita harus mulai melakukan langkah yang tepat agar kesehatan tulang kita terjaga. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

 

Mengonsumsi[3]  Kalsium dan Vitamin K2

Kalsium dapat diperoleh dari banyak jenis makanan, di antaranya adalah susu, keju dan makanan olahan susu lainnya. Kemudian sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan okra. Namun, hindari bayam karena sekalipun mengandung kalsium dalam jumlah tinggi tetapi tubuh tidak dapat mencerna semuanya. Kalsium juga terdapat di minuman kedelai dengan tambahan kalsium, roti dan apa pun yang dibuat dengan fortifikasi. Tepung, dan ikan yang tulangnya dapat dimakan seperti sarden dan pilchards.

Magnesium

Sementara asupan Vitamin K2 dapat diperoleh dari belut, keju, hati sapi, daging ayam, mentega, dan kuning telur.

 

Melengkapinya dengan Vitamin D3 dan Magnesium

Magnesium sangat penting dalam menjaga fungsi neuromuskular dan kesehatan tulang, data yang jelas menunjukkan bahwa suplementasi Magnesium dapat mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

 

Magnesium juga berperan membentuk tulang dengan cara merangsang pertumbuhan osteoblas (cikal bakal tulang).

Jadi untuk memastikan tulang tetap kuat, tidak gampang keropos, dan kepadatannya terjaga, sudah tahu kan vitamin dan mineral apa saja yang harus kita konsumsi? Lalu, bagaimana cara paling praktis untuk mendapatkannya?

 

Jangan khawatir, karena Imboost memiliki solusinya untuk kita semua. Pertama di Indonesia, suplemen tulang dengan kombinasi Vitamin K2 dan Magnesium yaitu Imboost Bone.

 

Imboost Bone memiliki kandungan kalsium dosis tinggi yang cukup untuk kebutuhan kalsium harian. Selain itu, Imboost Bone juga dilengkapi kombinasi Vitamin K2 dan Magnesium yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi kita.

Imboost Bone Effervescent hadir dengan rasa jeruk yang bisa didapatkan langsung di official store Imboost atau marketplace favorit dengan harga terjangkau cuma Rp40,000. saja.

 

Sumber:

 

Buchowski MS. In Calcium: Chemistry, Analysis, Function and Effects. 2015: 3-20 Reid IR et al. Arch Intern Med. 2008;168(20):2276-2282 Tai V et al. BMJ. 2015;351:h4183 Wasilewski GB et al. Front. Cardiovasc. Med. 2019;6:6 Maresz K. Integrative Medicine. 2015;14(1) Havaldar R et al. IOSR-JPBS. 2013;7(3):8-14 Falchetti A et al. Food and Nutrition Sciences. 2016;7: 1033-1051

 

BAGIKAN ARTIKEL INI KE