26 April 2022

Makanan Pahit Ini Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Halo, Sobat Imboost! Banyak orang yang kurang menyukai makanan pahit karena rasanya yang begitu getir di lidah. Akan tetapi, apakah Anda tahu kalau dibalik rasa tersebut, makanan pahit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh? Apa saja ya kira-kira makanan pahit yang menyimpan rahasia baik itu?

Eits, sebelum masuk ke pembahasan, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi suplemen makanan yang bagus untuk daya tahan tubuh apalagi di saat pandemi seperti ini. Imboost Extra Vit C dan D3 adalah suplemen yang punya banyak kandungan baik karena terbuat dari bahan dasar alam seperti Echinacea purpurea serta diperkuat dengan vitamin C, D3, serta Zinc Picolinate yang semuanya terkenal bagus untuk meningkatkan sistem imun.

So, inilah 5 makanan pahit yang baik untuk daya tahan tubuh sekaligus kesehatan Sobat Imboost:

Pare

Bitter Melon atau Pare merupakan sayuran yang mengandung senyawa Fitokimia seperti polifenol, triterpenoid, dan flavonoid. Di beberapa studi seperti test-tube dan hewan, senyawa tersebut menunjukkan mampu memperlambat perkembangan beberapa varian kanker.

Pare juga digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu menurunkan level gula darah pada orang-orang yang memiliki diabetes. Tidak hanya itu, pare juga kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas sehingga daya tahan tubuh senantiasa terjaga.

Daun Pepaya

Daun pepaya memang terkenal dengan rasa pahitnya, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan darinya. Daun ini berpotensi sebagai anti peradangan karena ada kandungan papain, flavonoid, dan vitamin E. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan antioksidan dan memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Daun Bunga Dandelion

Bunga dandelion sering digunakan sebagai pemanis dekorasi acara karena warnanya yang begitu cantik. Tapi, apakah Anda tahu bahwa daun dari bunga dandelion ini bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh?

Daun bunga dandelion kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan K, zat besi, mangan, dan juga kalsium. Kandungan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata juga dapat ditemukan di daun ini. Tidak hanya itu, daun bunga dandelion ini bagus untuk merangsang pertumbuhan bakteri usus baik karena ada kandungan prebiotik inulin dan juga oligofruktosa.

Bubuk Kakao

Bubuk kakao terbuat dari biji kakao dengan rasa yang sangat pahit. Meski rasanya begitu pahit, bubuk kakao juga punya manfaat baik. Dalam beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan cokelat setidaknya 5 kali dalam seminggu, mempunyai resiko penyakit jantung 56% lebih rendah daripada yang tidak memakannya sama sekali.

Kandungan polifenol dan antioksidan yang ada dalam kakao juga baik untuk melebarkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, serta melindungi jantung Anda. Kandungan mineral yang bisa Anda temukan di kakao ini antara lain tembaga, magnesium, mangan, dan zat besi.

Sayuran Cruciferous

Sawi, kembang kol, pakcoy, brokoli, lobak, dan selada air merupakan sayuran yang masuk dalam jenis Cruciferous. Sayur-sayuran tersebut memiliki senyawa glucosinolates yang di mana senyawa ini menimbulkan rasa pahit serta membawa banyak manfaat kesehatan. Senyawa tersebut memiliki potensi menghambat penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Tidak hanya itu, sayuran Cruciferous juga dapat meningkatkan kinerja hati untuk memproses racun di dalam tubuh.

Itulah manfaat dari 5 makanan pahit yang ternyata sangat baik untuk daya tahan tubuh dan juga meningkatkan imunitas di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan-kandungan yang ada di dalam makanan tersebut berdampak baik pada beberapa penyakit. Semoga sehat selalu, Sobat Imboost!

BAGIKAN ARTIKEL INI KE