17 January 2022

Kenali Berbagai Suplemen Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Di era new normal ini, mengonsumsi sayur dan buah saja rasanya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Hal ini dikarenakan ancaman virus masih terasa nyata adanya di depan mata. Apalagi buah hati sudah memulai blended learning sehingga Anda sebagai orang tua kerap was-was saat ia berada di sekolah.

Oleh karena itu, agar proteksi buah hati lebih optimal, tidak ada salahnya orang tua memberikan suplemen untuk anak yang aman. Lantas kandungan vitamin dan mineral apa saja yang sebaiknya diprioritaskan saat memilih suplemen yang bagus untuk anak? Mari simak informasi berikut.

Vitamin C

Vitamin C atau yang dikenal juga nama asam askorbat, merupakan vitamin yang berperan penting agar tubuh anak bisa berkembang dengan baik serta optimal karena ia bisa membentuk serta memperbaiki sel-sel darah merah, jaringan dalam tubuh, dan menjaga kesehatan gigi dan tulangnya. Selain itu, vitamin C juga memiliki manfaat untuk meminimalisir terjadinya memar ketika anak terjatuh atau terbentur karena vitamin ini memang memperkuat pembuluh darah di dalam tubuh.

Satu lagi manfaat vitamin C yang begitu terkenal yaitu memiliki andil besar dalam optimalisasi sistem imun di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang dibawa oleh vitamin C tadi membuat sistem kekebalan meningkat sehingga dapat melindungi anak dari infeksi bakteri maupun virus berbahaya.

Vitamin C memiliki sifat yang mudah larut dalam air dan tidak bisa disimpan di dalam tubuh sehingga setelah selesai diedarkan, ia akan dibuang melalui urin. Anak yang sedang dalam proses pertumbuhan pun butuh lebih banyak asupan vitamin C, jadi pastikan ia selalu mendapatkannya setiap hari.

Vitamin C bisa didapatkan dengan rajin mengkonsumsi buah black elderberry stroberi, kiwi, jeruk, pepaya, jambu biji, mangga, dan sebagainya. Memberikan suplemen berisi vitamin C untuk anak pun tidak menjadi masalah jika Anda merasa kebutuhan vitamin hariannya kurang.

Vitamin A

Vitamin ini juga memiliki peranan yang cukup penting untuk tumbuh kembang si anak secara menyeluruh. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga mampu memperbaiki jaringan dan tulang yang mengalami kerusakan, serta memelihara sistem kekebalan tubuh. Makanan yang bisa Anda berikan dengan kandungan vitamin A antara lain telur ayam, susu, wortel, jeruk, keju, dan sebagainya.

Vitamin B

Anak membutuhkan vitamin B agar metabolisme dan juga pembentukan energi di dalam tubuhnya dapat berkembang baik. Manfaat lainnya adalah bisa menjaga kesehatan otak, jantung, dan juga sistem saraf, serta membantu menghasilkan sel-sel darah merah. Makanan yang kaya akan vitamin B untuk anak-anak adalah daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, susu, keju, kedelai, dan ikan.

Zinc

Zinc atau yang memiliki nama lain seng, merupakan mineral penting sekaligus salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Zinc terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan anak sebagaimana ia diperlukan untuk membangun jaringan baru. 100 enzim lebih yang ada di dalam tubuh manusia juga membutuhkan Zinc untuk kerja mereka.

Zinc juga berperan aktif dalam menjaga fungsi sistem imun di dalam tubuh anak-anak dan dapat mengurangi frekuensi infeksi saluran pernapasan atas ringan. Jika asupan zinc tidak mencukupi kebutuhan anak, sistem kekebalannya akan menurun dan buah hati cenderung rentan terkena penyakit. Maka dari itu, ajak anak untuk rajin mengonsumsi daging sapi, dada ayam, kacang mede, kacang arab, keju, almond, kacang merah, maupun suplemen untuk anak yang mengandung Zinc di dalamnya.

Agar daya tahan tubuh buah hati dapat optimal, selain makanan, Anda juga bisa memberikan suplemen yang bagus untuk anak seperti Imboost Kids Syrup, Imboost Force Kids Syrup, atau Imboost Chewy. Dengan memilihkan suplemen anak yang tepat, itu berarti Anda sudah memberikan perlindungan terbaik untuk buah hati.
BAGIKAN ARTIKEL INI KE