26 April 2022

Ini Tips Agar Imun Anak Tetap Terjaga Saat Puasa

Anjuran berpuasa adalah untuk mereka yang sudah baligh dan mampu menjalaninya. Namun, anak-anak yang belum baligh pun banyak yang antusias untuk turut menjalankan ibadah di bulan suci ini. Nah, Moms bisa bantu berikan Imboost Kids Syrup pada si kecil yang sedang latihan puasa agar tetap kuat dan tidak lemas selama berpuasa. Kandungan Imboost juga dapat membantu memelihara sistem imun si kecil sehingga tidak gampang sakit lho. Jika badan si kecil sehat dan prima maka mereka pun akan lebih semangat dalam menjalankan puasa dan kegiatan lainnya.

Selain memberikan Imboost Kids Syrup selama anak menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar daya tahan tubuhnya terjaga berikut ini:

Berikan Karbohidrat Kompleks dan Protein

Agar anak-anak tidak lemas dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa selama puasa, maka berikan santapan yang mengandung karbohidrat kompleks saat makan sahur. Karbohidrat kompleks ini tidak akan membuat anak cepat lapar karena memerlukan proses lebih lama untuk dicerna. Bahan makanan yang tergolong karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, nasi coklat, roti gandum, dan oat. Selain itu, pastikan pula kebutuhan protein anak juga terpenuhi dengan baik. Moms bisa memberikan telur, tempe, tahu dan ikan karena kaya akan kandungan protein.

Berikan Pula Buah dan Sayur

Cara menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap prima selama berpuasa adalah dengan memberikan asupan buah dan sayur yang memiliki kandungan mineral, vitamin dan antioksidan melimpah. Tak hanya kaya nutrisi, buah dan sayur juga tinggi serat sehingga dapat melancarkan pencernaan sang buah hati. Nah agar mendapatkan nutrisi yang beragam, maka sebaiknya Moms memberikan buah dan sayur yang berbeda-beda setiap harinya.

Hindari Memberikan Makanan Berat

Agar pencernaan anak tidak terganggu selama berpuasa maka berikan mereka makanan dengan bumbu ringan. Moms bisa memberikan sayur bening, sup daging bening, atau es cincau hitam sebagai pelepas dahaga ketika buka. Usahakan untuk tidak memberikan makanan dengan bumbu berat dan bersantan karena lebih susah untuk dicerna. Selain itu, makanan dengan bumbu berat juga akan memberikan efek lebih cepat kenyang.

Jangan Lupa Air Mineral

Meskipun sudah mendapatkan cairan dari susu, tapi anak-anak juga tetap harus mengkonsumsi air mineral. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesegaran tubuh sehingga tidak kekurangan cairan dan mengurangi resiko dehidrasi. Agar anak dapat mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak, sebaiknya Moms batasi pemberian es atau sirup ketika berbuka ya.

Ajak Anak Berolahraga

Tingkatkan imun anak dengan mengajaknya rutin melakukan olahraga selama ia latihan puasa karena aktivitas fisik bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Moms bisa memilih olahraga ringan, seperti jalan sehat, jogging, atau bersepeda sehingga tidak khawatir menguras energi. Agar anak tidak kelelahan dan merasa berat menjalankan latihan puasa, Anda bisa menjadwalkan aktivitas fisik ini di sore hari jelang waktu berbuka. 

Pastikan Anak Cukup Istirahat

Istirahat juga menjadi poin penting untuk memperkuat imun. Oleh sebab itu, Moms perlu membatasi waktu bermain anak-anak agar tidak tidur larut malam. Untuk mengembalikan energi setelah beraktivitas di pagi hari maka ajak anak untuk tidur siang selama 1 atau 1,5 jam. Agar tidak mengganggu siklus tidur di malam hari maka usahakan untuk tidak tidur siang terlalu sore.

Gimana Moms, sudah siap menemani anak latihan puasa? Dengan penerapan pola hidup sehat yang tepat dan konsumsi Imboost Kids Syrup, puasa si kecil tahun ini bisa berjalan lancar. Semoga bermanfaat. 

BAGIKAN ARTIKEL INI KE