26 April 2022

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Saat Berpuasa

Bulan Ramadan tiba nih, bagaimana persiapan Sobat Imboost menyambut ibadah puasa? Apakah sudah siap menjalankannya? Well, harus siap dong sebab bulan ini merupakan bulan suci penuh berkah yang ditunggu seluruh umat Islam di seluruh dunia. 

Menyambut kedatangan bulan Ramadan, penting bagi Anda untuk tahu cara menjaga imunitas tubuh agar tetap prima. Terlebih puasa tahun ini masih Anda lewati di tengan pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Wah, Anda tentu butuh imunitas kuat agar tidak mudah jatuh sakit ya!

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar imunitas tetap terjaga meski sedang berpuasa. Jika penasaran, langsung simak uraian ini ya:

Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan 

Sobat Imboost pasti sudah familiar dengan frase “berbukalah dengan yang manis” ‘kan? Well,  berbuka dengan yang manis memang disarankan karena dapat mengembalikan tenaga, akan tetapi waspadalah, sebab hal ini bisa bumerang apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bila keinginan mengkonsumsi makanan manis untuk membatalkan puasa tidak tertahankan, Anda dapat memilih cara yang lebih sehat dengan memakan buah-buahan manis seperti kurma. Konsumsi kurma sendiri sangat dianjurkan sebagai menu berbuka karena mengandung glukosa, sukrosa, serat potassium, dan vitamin A yang mampu menggantikan energi dengan cepat setelah berpuasa seharian. Selain kurma, anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan lainnya seperti pisang, mangga dan pepaya yang tak kalah sehat

Perhatikan Asupan Cairan Tubuh

Tahukah Sobat Imboost bahwa dua pertiga tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karena itu, asupan cairan yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga agar fungsi tubuh tetap normal. Menurut penelitian, mengkonsumsi 8 gelas bisa membantu meningkatkan metabolisme pada pria dan wanita sebanyak 30%. Sebaliknya, kekurangan cairan tidak cuma membuat tubuh rentan infeksi, tapi juga bisa menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, sakit pinggang, lemas, dan berbagai gangguan fungsi tubuh.

Di kala puasa, mungkin Sobat Imboost agak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air 8 gelas setiap harinya. Untuk menyiasatinya, Anda bisa coba pola 2-4-2, yaitu 2 gelas waktu berbuka, 4 gelas waktu makan malam (atau setelah tarawih dan sebelum tidur), dan 2 gelas yang diminum saat sahur.

Hindari Makanan Berlemak Tinggi Saat Berbuka 

Makanan yang berlemak memang sangat menggoda disantap ketika berbuka, plus sebetulnya tak ada larangan kok untuk makan makanan berlemak saat berbuka asal Anda memperhatikan porsi yang diambil. Ambil secukupnya dan jangan berlebihan karena mengkonsumsi makanan berlemak dapat memberatkan kinerja lambung.  

Tetap Olahraga Meski Puasa

Puasa bukan penghalang untuk berolahraga lho, Sobat Imboost, sebab olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara alami. Cukup lakukan olahraga ringan seperti stretching atau sekedar jalan-jalan pagi usai makan sahur atau menjelang berbuka puasa. 

Memperbanyak Ibadah untuk Menjaga Kondisi 

Aktivitas spiritual seperti beribadah memiliki kaitan erat dengan sisi emosional manusia. Nah, beribadah nyatanya bisa menjadi salah satu sarana mengelola stres yang baik lho. Ibadah yang berkualitas dapat membuat suasana hati lebih baik, sehingga tubuh pun terangsang untuk menghasilkan imunitas yang kuat. 

Menghindari Jarak Tidur Setelah Sahur yang Dekat

Cara menjaga imunitas  tubuh saat berpuasa  berikutnya adalah dengan menghidari tidur segera setelah makan sahur. Kebiasaan ini ternyata tidak baik dilakukan karena makanan baru saja masuk tubuh dan sedang dicerna sehingga apabila Anda tidur maka sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Jika memang cukup mengantuk, usahakan untuk memberi jarak setidaknya dua jam setelah makan sebelum merebahkan diri di tempat tidur. 

Bagaimana, cara-cara di atas cukup mudah dilakukan, bukan?  Buat Anda yang akan menjalankan ibadah puasa, yuk praktekkan cara menjaga imunitas tubuh selama puasa yang telah dijabarkan. Oh iya, jangan lupa tambahkan asupan Imboost Extra Vitamin C dan D3 dalam menu harian Anda untuk memastikan puasa lancar dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN ARTIKEL INI KE