25 January 2022

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak yang Paling Ampuh

Apa sih yang paling Anda inginkan untuk sang buah hati? Tentu ada banyak jawaban atas pertanyaan tersebut, termasuk kesehatan sang anak. Berbicara mengenai kesehatan, Anda bisa membayangkan ‘kan apabila sang kesayangan jatuh sakit? Wah, Anda pasti kelimpungan dan mengupayakan segala cara agar si kecil bisa kembali sehat dan menjalankan aktivitasnya dengan ceria.

Salah satu cara agar si kecil selalu sehat adalah memastikan bahwa sistem imunnya selalu dalam kondisi fit. Hal ini penting dilakukan karena imun yang menurun atau lemah dapat mengundang banyak gangguan kesehatan, mulai dari flu, demam, pilek, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana sih cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar selalu bugar? Simak ulasan berikut ya:

Biasakan Mencuci Tangan

Salah satu sumber penularan penyakit adalah sentuhan, oleh karena itu ajarkan ajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangan setelah bersin, batuk, maupun setelah keluar dari kamar mandi. Apalagi di masa wabah pandemi Covid-19 seperti sekarang, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas jadi salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan untuk menekan penyebaran virus maupun bakteri menular.

Jangan Skip Imunisasi

Imunisasi atau pemberian vaksin adalah salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh pada anak. Dengan menyuntikkan kuman hidup yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh si kecil, diharapkan tubuh dapat membentuk antibodi sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit tersebut. Imunisasi dasar seperti polio, difteri, tetanus, hepatitis, BCG, campak, dan influenza adalah beberapa vaksinasi umum yang tak boleh dilewatkan agar si kecil tidak mudah terkena penyakit.

Jadwalkan Waktu Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Untuk memaksimalkan imunitas tubuh, si kecil harus memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas. Nah kebutuhan waktu tidur pada anak berbeda-beda tergantung pada usianya, antara lain:
  • bayi antara 0 dan 3 bulan butuh 14 hingga 17 jam waktu tidur sehari
  • bayi antara 4 dan 12 bulan butuh 12 hingga 16 jam waktu tidur sehari
  • Anak usia 1 hingga 2 tahun butuh 11 hingga 14 jam waktu tidur sehari
  • Anak usia 3 hingga 5 tahun butuh 10 hingga 13 jam waktu tidur sehari
  • Anak usia 6 hingga 12 tahun butuh 9 hingga 12 jam waktu tidur sehari
  • Anak diatas 13 hingga 18 tahun butuh 8 hingga 10 jam waktu tidur sehari

Konsumsi Buah dan Sayur secara Rutin

Mengkonsumsi buah dan sayur juga merupakan salah satu cara agar anak tetap sehat. Para dokter anak menyarankan untuk “Eat the rainbow” yang berarti memakan sayuran dan buah yang beraneka macam warna, seperti hijau, kuning, merah. Usahakan agar sayuran dan buah berada dalam menu makanan sehari-hari agar kebutuhan vitamin dan mineral anak terpenuhi.

Hindarkan Si Kecil dari Asap Rokok

Cara untuk meningkatkan imun tubuh lainnya adalah menjauhkan si kecil dari paparan asap rokok. Ini penting dilakukan karena di dalam rokok terkandung lebih dari 4000 jenis racun yang berpotensi merusak sel-sel di dalam tubuh. Apabila terhirup oleh anak-anak, tentu sangat berbahaya karena frekuensi nafas anak relatif lebih cepat daripada orang dewasa sehingga racun tersebut dapat masuk lebih cepat.

Itulah cara meningkatkan imun tubuh anak supaya tidak mudah sakit yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Agar perlindungannya lebih maksimal, tambahkan Imboost Kids Syrup dalam daftar suplemen untuk immune boosters si kecil. Kandungan Echinacea dan Zinc dalam Imboost Kids Syrup sangat cocok dikonsumsi anak plus rasanya yang enak pasti disukai si kecil. Imunitas tubuh si kecil terjaga, Mama pun tenang.
BAGIKAN ARTIKEL INI KE