25 January 2022

Cara Hidup Sehat Agar Aktivitas Tetap Terjaga

Angka harapan hidup rata-rata masyarakat Indonesia selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal tersebut bisa kita lihat dari catatan BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa di tahun 2020, usia rata-rata harapan hidup laki-laki naik menjadi 69,59 (tahun 2019 ada di 69,44) dan perempuan naik menjadi 73,46 (tahun 2019 ada di 73,33). Kenaikan ini tentu tak lepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam menerapkan pola hidup sehat.

Lantas, bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat itu? Apa saja yang perlu Anda perhatikan agar kesehatan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit? Simak dulu caranya di sini yuk.

Sering Minum Air Putih

Meski terkesan remeh, nyatanya masih banyak orang yang mengabaikan kebiasaan minum air putih. Padahal untuk membentuk sebuah pola hidup sehat, kebutuhan asupan cairan untuk tubuh itu sangatlah penting dipenuhi agar organ-organ vital bisa bekerja serta berfungsi dengan baik. Anda bisa mulai menerapkan minum air putih 6-8 gelas per hari untuk mencegah tubuh terkena berbagai penyakit, seperti konstipasi dan dehidrasi.

Membiasakan Diri Berolahraga

Pola hidup sehat yang perlu Anda lakukan agar aktivitas sehari-hari tetap terjaga adalah berolahraga. Jika berat berolahraga di gym, Anda bisa melakukan jogging atau power walking disekitar rumah. Malas keluar rumah? Anda bisa kok mencari olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti senam, aerobik, yoga, dan sebagainya. Anda cukup menggerakkan tubuh minimal 30 menit setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit, dan meningkatkan quality of life.

Manajemen Stress

Cara hidup sehat selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu manajemen stres. Memang, stres merupakan hal yang nggak bisa dihindari, namun bukan berarti Anda harus terus larut dalam kekalutan tersebut. Sifat stres yang begitu kronis nyatanya bisa memberikan dampak buruk dan menimbulkan berbagai penyakit jika dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, Anda boleh berhenti sebentar saat pikiran dilanda stres dan penuh tekanan, lalu lakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat Anda lebih rileks. Ingat, bahwa Anda adalah orang yang berharga, jadi kebahagiaan Anda sudah pasti harus dinomorsatukan lebih dari apapun.

Tidur Cukup

Salah satu penyebab pendeknya usia seseorang adalah kurang tidur. Jika tidak percaya, Anda bisa kok mengakses berita tentang banyaknya kematian yang disebabkan orang tidak tidur selama berhari-hari dengan mudah. Nah, agar pola dasar hidup sehat ini bisa diterapkan, coba cek berapa lama Anda tidur setiap harinya karena idealnya orang dewasa tidur malam sekitar 7-9 jam. Jangan lupa, redupkan semua penerangan di kamar saat akan tidur agar otak bisa lebih banyak memproduksi hormon melatonin sehingga Anda bisa tidur lelap dan berkualitas.

Makan Makanan Sehat

Cara terakhir yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga pola hidup sehat adalah dengan membiasakan diri makan makanan sehat. Kurangi makan makanan yang mengandung banyak gula, lalu hindari makanan cepat saji, berlemak jenuh, dan tinggi garam. Pilih makan makanan yang mencukupi kebutuhan gizi harian seperti karbohidrat, protein, serat, dan juga lemak baik. Atur juga jadwal makan lalu ganti cemilan tidak sehat Anda dengan buah-buahan, oat snack, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara menerapkan pola hidup sehat yang akan membuat aktivitas harian Anda berjalan lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya sehingga usia pun jadi lebih panjang. Perkuat juga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen berbahan dasar alam seperti IMBOOST yang kaya akan manfaat herba Echinacea purpurea, Black Elderberry, dan juga Zinc!
BAGIKAN ARTIKEL INI KE