17 January 2022

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Daya Tahan Tubuh Kuat

Menjaga daya tahan tubuh agar selalu terpelihara sudah menjadi tugas kita sebagai si pemilik tubuh, terutama di era new normal seperti saat ini. Dengan memberikan perhatian ekstra, tubuh Anda akan senantiasa sehat dan terhindar dari penularan virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

Perhatian yang dimaksud tersebut tak lain halnya seperti makan makanan sehat, olahraga teratur, dan juga konsumsi vitamin. Lantas, vitamin apa sajakah yang diperlukan agar daya tahan tubuh kuat? Berikut informasinya.

Vitamin C

Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah vitamin C. Vitamin ini bahkan diklaim sebagai salah satu booster sistem imun terbesar yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, lho. Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan bekerja untuk meningkatkan kadar antibodi sehingga sistem kekebalan tubuh akan terus terbentuk.

Manusia yang kurang vitamin C akan cenderung lebih mudah sakit. Oleh karena itu kebutuhan vitamin C ini penting untuk kita penuhi setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri maupun menyimpannya. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan seperti bayam, kale, brokoli, paprika, jeruk, stroberi, pepaya, mangga, kiwi, dan sebagainya.

Selain mengkonsumsi sayur dan buah, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C harian dari Imboost Effervescent with vitamin C lho. Kandungan vitamin C 500mg yang ada dalam immunity Booster buatan SOHO Global Health ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk daya tahan tubuh lebih kuat. 

Vitamin A

Vitamin A sering dianggap sebagai vitamin yang hanya baik untuk kesehatan mata saja. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun tidak terlalu benar juga. Vitamin A memiliki andil yang cukup besar dalam menjaga daya tahan tubuh karena ikut ‘bekerja’ dalam pembentukan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang aktif ‘berperang’ saat ada infeksi virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Anda bisa mendapatkan vitamin A dalam 2 bentuk yaitu vitamin A1 (retinol) yang ditemukan pada makanan hewani seperti hati sapi, daging ayam, ikan tuna, ikan salmon, dan olahan susu. Sementara bentuk kedua adalah beta karoten yang biasa ditemukan di ubi jalar, serta sayur dan buah seperti wortel, labu, waluh, labu madu, melon jingga, blewah, kesemek, jeruk bali, pepaya, dan sebagainya.

Vitamin B6

Di dalam grup vitamin B, terdapat vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. B6 atau Pyridoxine diperlukan untuk metabolisme protein dan karbohidrat, pembentukan hemoglobin, serta mempengaruhi proses dan perkembangan saraf otak. Vitamin B6 juga penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem imun tubuh kita sehingga baik untuk daya tahan tubuh.

Vitamin B6 dapat ditemukan pada sayur-sayuran berdaun hijau, hati sapi, kacang-kacangan, nanas, sereal, dada ayam, ikan tuna dan salmon, pisang, dan sebagainya.

Vitamin D

Sama seperti vitamin A tadi, vitamin D sering dikenal sebagai vitamin yang baik untuk tulang saja. Padahal vitamin D itu sangat penting untuk memperkuat sistem imun di dalam tubuh kita serta membantu dalam perlawanan terhadap infeksi virus maupun bakteri. Vitamin D juga sering disebut vitamin sinar matahari karena Anda memang bisa mendapatkannya dengan cara berjemur pada jam-jam tertentu.

Di Indonesia, Anda butuh terkena sinar matahari selama 5 sampai 15 menit pada pagi mulai dari terbit hingga pukul 9 pagi dan sore mulai pukul 3 hingga matahari terbenam sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Sementara dari makanan, kita bisa mendapatkan vitamin D melalui konsumsi salmon, ikan makarel, ikan tuna, ikan sarden, susu, dan sebagainya.

Vitamin E

Vitamin daya tahan tubuh yang bagus lainnya adalah vitamin E. Vitamin ini kaya akan antioksidan dan membantu melawan infeksi yang menyerang tubuh. Kebutuhan vitamin E bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang almond, kacang-kacangan, biji bunga matahari, bayam, pepaya, alpukat, dan sebagainya.

Itulah ke-5 vitamin yang dibutuhkan agar daya tahan tubuh menjadi kuat sehingga menghindarkan kita dari infeksi virus, bakteri, maupun mikroorganisme lain. Anda pun bisa meningkatkan kerja sistem imun dengan mengonsumsi suplemen berbahan dasar alam seperti Imboost Tablet dengan kandungan Echinacea Purpurea yang sudah dikenal sebagai tanaman super untuk memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi gejala flu, infeksi, dan batuk. Semoga informasi tadi bermanfaat!
BAGIKAN ARTIKEL INI KE